RSS
Container Icon

Antioksidan dalam Pangan Fungsional

       Konsep gizi tentang pangan telah berubah secara nyata dari yang menekankan tentang pemuasan rasa lapar dan pencegahan timbulnya pengaruh yang merugikan bagi tubuh, menjadi konsep yang menekankan tentang bagaimana hidup sehat dan mencegah timbulnya penyakit. Dewasa ini konsumen cenderung mengkonsumsi pangan tidak hanya enak melainkan juga mempertimbangkan aspek nilai gizi dan pengaruh pangan tersebut terhadap kesehatan tubuh.
       Dengan demikian, pangan tidak hanya enak tetapi juga harus memiliki kandungan gizi lengkap dan bersifat fungsional. Suatu pangan dapat dikatakan fungsional apabila mengandung komponen yang dapat mempengaruhi satu atau sejumlah terbatas fungsi dalam tubuh tetapi juga bersifat positif sehingga dapat memenuhi kriteria fungsional atau menyehatkan (Muchtadi, 2004).
       Pangan funsional adalah produk pangan yang selain memiliki fungsi dasarnya sebagai pangan juga mempunyai nilai tambah diluar fungsi dasarnya (fungsi nutrisi). Nilai tambah dari bahan pangan funngsional berhubungan dengan kesehatan dan funngsi organ tubuh, menurunkan resiko timbulnya penyakit dan mencegah timbulnya penyakit (Kusumawati, 2009).
       Menurut Muchtadi (2004) pangan fungsional mempunyai tiga fungsi dasar, yaitu :
1.      sensory (warna dan penampilan menarik, citarasa enak)
2.      nutritional (bernilai gizi)
3.      physiological (memberikan pengaruh fisiologis menguntungkan bagi tubuh)
Sedangkan fungsi fisiologis daei suatu pangan fungsional antara lain :
1.      penyakit yang berhubungan dengan konsumsi pangan
2.      meningkatkan daya tahan tubuh (regulating bio-defensiveness)
3.      regulasi rithme kondisi fisik tubuh
4.      memperlambat proses penuaan (aging)
5.      penyehatan kembali (recovery)tubuh setelah menderita suatu oenyakit tertentu
6.      dan lain-lain
Istilah pangan fungsional (functional foods) merupakan nama yang paling tepat dan dapat diterima oleh semua pihak untuk segolongan pangan (makanan dan minuman) yang mengandung bahan yang telah terbukti dapat meningkatkan status kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit tertentu. Untuk konsumen istilah health food mungkin lebih menarik dan lebih berarti, namun hal ini tidak dapat digunakan karena pada prinsipnya semua bahan pangan akan menyehatkan tubuh apabila dikonsumsi dengan baik dan benar.

Untuk lebih lengkap silakan download di sini

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment