RSS
Container Icon

Indahnya Berbagi Bersama Indonesia Mengajar


                Berawal dari permintaan menjadi donasi dari Mbak Meralda (FK 2006) untuk aktif berbagi di daerah penempatan Majene, Sulawesi. Kini berkembang menjadi semangat Penyala untuk menyumbangkan lebih banyak buku-buku pada anak-anak Indonesia. Karena amanat Pancasila adalah mencerdaskan anak bangsa, aku ingin sekali turut serta. Penayala ini merupakan bagian dari Indonesia Mengajar.
                Kita, yang sekolah dan hidup di daerah kota akan merasa sangat bersyukur ketika kita tahu betapa sulitnya pendidikan anak-anak di daerah terpencil. Banyak sekali diantara mereka yang tak berseragam atau bersepatu ketika bersekolah. Untuk makan sehari-hari saja susah apalagi membeli perlengkapan sekolah. Ketersediaan fasilitas pun sangat minim, seperti buku dan alat peraga lain. Padahal semangat mereka untuk menuntut ilmu sangat tinggi. Sejujurnya aku sangat malu dengan mereka. Fasilitas pendidikan yang aku rasakan dari pertama kali bersekolah hingga sekarang tak pernah kurang, tapi malasnya menuntut ilmu sangat tinggi. Nilai yang pas-pasan (alhamdulillah 2 semester ini IP bagus) bahkan hingga skripsi yang tak kunjung dikerjakan. Miris banget ya L
                Ketika masih aktif di BEM FTP UB, aku pernah sekali menyumbangkan buku untuk anak-anak di daerah Tambora, Bima, NTB melaui seorang pengajar muda di sana, Muhammad Habibilah. Betapa bahagianya Mas Habib (panggilanku untuk Muhammad Habibilah) setelah menerima bukuku, padahal hanya berisi 30 buku (1 kardus). Kemudian Mas Habib memintaku untuk menghubungi perpustakaan kota Malang, siapa tahu mau menyumbangkan buku. Kenapa hanya perpustakaan kota saja?? Bukankah akan lebih baik jika mencari donatur lain??
                Akan lebih sulit ketika berjalan sendiri, apalagi sekarang aku udah pensiun dari BEM FTP tapi akan ada banyak sahabat yang menemani, aku yakin itu.
                Anda ingin menjadi Penyala yang ikut mencerdaskan anak bangsa?? Yuk menjadi donatur “Penyala Wilayah Malang” untuk anak-anak di daerah terpencil. Untuk sementara saya hanya melayani sumbangan ke NTB dan Kaltim saja. Sumbangan yang diberikan dapat berupa :
a).   Dana. Berapa pun dana yang anda sumbangkan akan sangat bermanfaat bagi mereka. Dana bisa ditransfer ke Bank BRI a.n Nita Maria Rosiana dengan rekening 0177-01-081350-50-7. Setelah transfer silakan konfirmasi ke saya dengan menghubungi no 087859939727
b).   Buku anak-anak meliputi :
-        Buku bacaan anak-anak
-        Buku pengetahuan anak-anak (ensiklopedia dan sejenisnya)
-        Atlas/peta
-        Buku agama
-        Buku sekolah (kurikulum terbaru)
-        dll
Buku-buku ini bisa dikirim ke Nita Maria Rosiana d/a Jln. Kertoasri 110B Malang, Jawa Timur 65145. Atau jika anda berdomisili di daerah Kota Malang dan sekitarnya buku bisa saya ambil ke rumah anda.

                Sungguh damai hati ini bila kita melihat mereka tersenyum bahagia ketika membaca buku. Lebih senang lagi bila mereka mulai bermimpi dan memiliki tekad kuat untuk mewujudkan mimpinya.
“Menjadi Penyala, menyalakan api untuk menyinari Bangsa Indonesia”

Catatan kecil :
a)   - Informasi mengenai Indonesia Mengajar bisa diakses di www.indonesiamengajar.org
b)     Anda bisa menghubungi saya melalui FB (Nita Maria) atau twitter (@NitaMariaa) atau 087859939727
     -  Pengajar Muda di NTB adalah Muhammad Habibilah (Habib), alumni Jurusan Ilmu Eknomi,   Universitas Brawijaya. Anda bisa menghubungi beliau di 082123848045
d   -  Pengajar Muda di Kalimantan Timur adalah Hafiz Iqbal Maula (Hafiz), alumni Jurusan Ilmu   dan Teknologi Pangan, Universitas Brawijaya. Anda bisa menghubungi beliau di 085645059880.



Mari bergabung dan menjadi Penyala: kita nyalakan Indonesia! :)





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Cepuk as Vivie said...

ngumpulin donasinya ke kamu ta nit??

Nita Maria Rosiana said...

Iya, ke aku. Ntar aku salurkan ke mas habib ato mas hafiz. Tapi kalo mau dikirim ke mereka langsung juga gpp :)

Post a Comment