RSS
Container Icon

Yu, Mari Aktif di Kegiatan Sosial

Dari SMP aku memang udah aktif di kegiatan organisasi dalam sekolah, terutama Pramuka hingga SMA. Ketika kuliah S1 di Universitas Brawijaya pun masih saja aktif di organisasi, sempat nyicip komunitas fotografi, SKI hingga yang paling aktif di lembaga eksekutif dari tingkat jurusan (himpunan), fakultas (BEM) dan universitas (EM). Saat itu pula aku sadar, birokrasi di Indonesia buruk sekali. Tak ada yang beres, terutama birokrasi pemerintahan. Serba ribet menurutku..

Masih jelas teringat ketika semester 7, aku sudah vakum dari BEM FTP. Saat itu benar-benar nganggur gak jelas. Kuliah hanya ada 2x seminggu, skripsi juga belum jalan. Hingga akhirnya ada inisiatif untuk mengumpulkan dana untuk pembelian buku yang akan disumbangkan ke adek-adek di NTB & Kaltim. Kebetulan ada teman yang menjadi pengajar muda waktu itu. Akhirnya yah, bikin proposal, mengetuk pintu dosen, minta sumbangan sana-sini. Dan finalllyyy terkumpul sejumlah uang. Nah, bertepatan ada Pameran Islamic Book Fair di Malang, aku sama temenku berdua belanja buku.


Setelah itu, beberapa orang dari grup Indonesia Menyala berkeinginan untuk membentuk komunitas Penyala Malang. Mas Adhi, PM 1 yang kebetulan sedang berkunjung ke Malang pada 25 Februari 2012 (kalo enggak salah) bergabung dengan pertemuan perdana Penyala Malang,. Aku sebagai co founder bersama founder lainnya Silvi, Endah, Ririn, Rahmi, Zainul akhirnya resmi membentuk Penyala Malang.

Founder Penyala Malang bersama Mas Adhi PM1

Setelah selesai kuliah S1, alhamdulillah banget diberi kesempatan lanjut S2 di UGM Yogyakarta. Karena dari dulu sudah sibuk dengan organisasi, aneh banget rasanya kalo cuma kuliah aja. Dan, Allah pun menjawab kegalauanku dengan adanya Jogjanesia, semacam pameran komunitas sosial di Jogja. Keren euy, banyak banget komunitas yang peduli dengan Indonesia. Nah, disinilah aku bertemu dengan Komunitas Jendela yang selanjutnya aku aktif disini.
Yuk membaca :)




We are Jendelist
Lantas, apa hubungannya kegiatan sosial dengan birokrasi? Menurutku sih, menurutku lho ya.. Birokrasi yang ribet akan memperlama kemajuan bangsa ini. Lha gimana gak lama, ngurus ini itu lama sih. Jadi menurutku mending banget ya mending ikutan organisasi sosial. Langsung gerak, gak perlu pake lama. Nah kan, kalo banyak masyarakat yang ikut organisasi sosial akan mempercepat kemajuan bangsa.. Hahahaaaa... ya begitulah :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment